Sekilas Tentang Pemeriksaan Kesuburan atau Fertilitas
May 7th, 2010 by MelindaCare

Apa yang dimaksud dengan pemeriksaan kesuburan?

Pemeriksaan kesuburan dilakukan untuk setiap wanita yang telah menikah dan telah siap untuk hamil. Hal ini sangat baik dilakukan agar setiap pasangan :

  1. Mengetahui kondisi masing-masing, misalnya siklus menstruasi, masa usia subur, bentuk dan fungsi alat reproduksinya, apakah terdapat infeksi yang perlu diobati sebelum hamil (misalnya, Toxoplasma, Rubella, dan lainnya), apakah perlu diberikan vaksin terlebih dahulu agar hamilnya aman.
  2. Memahami pengetahuan-pengetahuan dasar mengenai bagaimana terjadinya kehamilan dan persiapan menghadapi kehamilan dengan baik.
  3. Dapat mengoptimalkan kondisi alat reproduksinya agar sang istri memiliki siklus menstruasi dan kondisi hormonal menjadi lebih teratur serta sang suami memiliki sperma yang baik dengan cara-cara yang sederhana, mudah dan nyaman.

Pemeriksaan_infertilitas_1

Apakah saya perlu diperiksa ?

Benar, karena banyak sekali pasangan baru akhir-akhir ini yang terlambat mengetahui kondisinya, contohnya cukup banyak wanita hamil yang baru mengetahui bahwa dirinya terinfeksi oleh virus yang membahayakan anaknya. Sebenarnya hal ini dapat dihindari dengan pemeriksaan laboratorium dini sebelum wanita tersebut hamil. Hal lain yaitu banyak sekali pasangan sibuk yang bekerja dan belum mengerti mengenai masa usia subur sehingga cukup sulit hamil. Suatu hal terpenting yaitu tentang gaya hidup, karena polusi makin lama makin banyak, makanan dan minuman banyak yang kurang menyehatkan, tingkat kesibukan dan persaingan tinggi yang menyebabkan tingkat stres meningkat, hal tersebut perlu dipahami dan dicari solusinya sebelum semuanya terlambat.

Pemeriksaan_infertilitas_2
Apakah keuntungan bila dilakukan pemeriksaan ?
Keuntungan yang diperoleh kedua pasangan sangat berguna, yaitu :

  1. Optimalisasi kondisi alat reproduksi dengan cara yang murah, mudah, aman, dan sangat efektif melalui konsultasi dan pemeriksaan USG/Lab sederhana.
  2. Mengurangi angka kejadian infertilitas/ketidaksuburan sehingga dapat memiliki anak sesegera mungkin dengan cara alami.
  3. Tidak ada resiko sama sekali, bahkan dapat mencegah penyulit-penyulit yang diperkirakan bisa timbul.
  4. Proses kehamilan yang aman dan lancar.
  5. Memiliki ilmu untuk dapat dibagikan pada saudara dan teman-teman yang disayangi.

Pemeriksaan_infertilitas_3
~ Julius T. Pangayoman – Melinda Hospital ~

32 Responses to “Sekilas Tentang Pemeriksaan Kesuburan atau Fertilitas”

  1. vida puspita Says:

    Alhamdulillah karena saya mendapatkan informasi yang cukup mengenai kesuburan dan reprduksi dari web ini. Saya seorang istri yang sudah menikah selama 2 tahun lebih dan kami belum juga dikaruniai keturunan. Kami sudah 3 kali ke 2 dokter kandungan untuk diperiksa, usg dan diberikan program yaitu jadwal untuk melakukan hubungan suami istri di masa subur saya. Sebelumnya kami diberikan rujukan untuk melakukan tes lab yaitu tas HSG untuk saya sedangkan suami tes Sperma, Alhamdulillah hasil kami berdua sehat dan tidak ada masalah. Selain itu saya juga seminggu sekali melakukan pijatan tradisional untuk membetulkan letak kandungan oleh paraji. Namun sampai saat ini tidak ada hasilnya. Sejak awal tahun 2010 saya sudah tidak melakukan kedua hal tersebut (baik k dok kandungan atopun dipijat. Saya rajin mengkonsumsi vit E dan juga minum susu Prenagen Esensis. Apa metode yang co2k untuk kami di Melindahospital? Apa solusinya?Saya mohon bantuan dan informasinya. Terimakasih

    [Reply]

    MelindaCare Reply:

    hallo Vida, untuk mengetahui caranya bisa langsung kunjungi Melinda Hospital dan berkonsultasi langsung dengan dokternya. :)

    [Reply]

  2. Maulida Says:

    Dear Melinda,

    Saya Wanita Umur 33 tahun, Saya sudah 6 tahun menunggu kehamilan dan Tahun lalu Saya Hamil anak kembar dengan kondisi awal sangat baik, hingga memasuki Akhir bulan ke 9, 2 mgu sebelum jadwal kelahiran yang di prediksikan dokter Saya memeriksakan kehamilan saya, Alangkah terkejutnya Saya sampai Shock karena Anak dalam kandungan Saya ternyata Sudah Meninggal Dua-duanya, Dokter juga sempat kaget karena memang tidak ada gejala dan bayi pun sesekali masih bergerak, Saya yang kurang peka atau memang terjadi begitu cepat dan Saya harus segera Mengeluarkan kedua bayi Kembar Saya, Setelah diperiksakan melalui Lab ternyata saya terserang Virus Toxo di bulan terakhir, Yang Saya mau Tanyakan Kalau Ibu Sudah positif menderita Toxo Berapa lama ibu di perbolehkan Hamil Kembali, Kalau sudah Terlanjur Hamil apa yang Harus dilakukan oleh Ibu yang menderita Toxo? atas perhatian dan jawabannya Terima Kasih.

    [Reply]

    MelindaCare Reply:

    Sore Maulida.. Wah sayang sekali ya.. memang kehamilan tidak mudah untuk diprediksi.. banyak hal bisa terjadi.. tapi jangan khawatir.. berdoa mudah2an hamil berikutnya jauh lebih baik. Toxo bisa diobati, jadi tenang saja… minta tolong pada dokter kandungannya untuk mengobati Toxoplasmanya dahulu.. baru kemudian ibu rencanakan hamil kembali setelah hasilnya baik. Namun apabila ibu sudah hamil kembali .. obat2an untuk toxoplasma masih boleh diberikan.. namun memang ada resiko juga terhadap janin. Semoga lancar ya di kehamilan berikutnya.

    [Reply]

    wyani Reply:

    dear melinda,

    saya wanita umur 30 th , dansdh menikah selama kurang lebih 3,5 th , sampai sekarang saya belum hamil , sy sudah periksa kedokter dan tidak ada masalah ,tetapi yg ada masalah adalah suami saya kata DR dia mengalami varikokel ,apakah varikokel bisa di sembuhkan tanpa melalui operasi ????

    [Reply]

    MelindaCare Reply:

    Selamat sore Wyani, untuk mendapatkan jawaban lebih jelas yuk bergabung dengan forum dokter online di http://forum.melindahospital.com/ :)

  3. shinta Says:

    dear Melinda,
    Saya punya seorang teman yg sudah hampir menikah selama 10 th, tapi sampai sekarang belum juga dikarunia seorang anak, jangan kan anak, hamil aja ga pernah selama 10 th pernikahan nya, padahal waktu cek ke dokter kandungan dikatakan baik2 saja ga ada masalah, namun menurut teman saya bahwa selama ini tiap kali haid hanya 2-3 hari saja sudah selesai, apakah gara2 haid yg singkat tersebut sehingga menyebabkan dia sulit hamil ?
    N minta solusi gimana yg bagus.
    Thanks…

    [Reply]

    MelindaCare Reply:

    Selamat sore Shinta, untuk mendapatkan jawaban lebih jelas yuk bergabung di forum dokter online di http://forum.melindahospital.com/ :)

    [Reply]

  4. mukena murah Says:

    Ikut prihatin buat mba Maulida, semoga bisa cepat punya anak lagi… thanks untuk melindacare atas infonya..

    [Reply]

    MelindaCare Reply:

    Senang bisa membantu, ;)

    [Reply]

  5. Ranii Mahaa Says:

    dok gimana yah biar cepat hamil…. setalah kelahiran anak pertama saya, saya menggunakan kg suntik yang sebulan setalah lepas kb selam 10 bulan kok saya belum hamil juga. saya sudah periksa ke dokter rahim saya bagus, sel telurnya juga tidak bermasalah. kira kira yang membuat saya lama hamil kenapa ya dok . makasih sebelumnya

    [Reply]

    MelindaCare Reply:

    Kesuburan bisa dipengaruhi oleh emosi, tetap jalani pola hidup sehat dan jauhi stres. Moms dan Dads pun bisa segere memeriksakan ke dokter kandungan atau ahlinya untuk mengetahui masalahnya. :)

    [Reply]

  6. siti munawaroh Says:

    Dear Melinda,

    Saya wanita umur 29 th sudah menikah dan usia pernikahan kami sudah 1,5 th usia saya dan suami sama,sampai sekarang kami belum dikaruniai seorang anak,saya ingin sekali periksa kedokter tapi ga tau harus kemana lebih bagus dokter atau bidan,dan berapa biayanya? Atas jawabannya saya ucapkan Terimakasih

    [Reply]

    MelindaCare Reply:

    Hallo Siti lebih baik segera periksakan ke dokter kandungan atau ahlinya. Semakin cepat diperiksa maka semakin cepat mendapatkan penangannya, biaya pun lebih ringan. :)

    [Reply]

  7. Fenny Says:

    Dear Melinda,

    Saya wanita umur 30 thn, sdh menikah selama 1 thn. saya punya masalah dalam masa kesuburan. setiap mau menstruasi saya mesti di pancing dengan obat2an dari dokter. Jika saya tidak minum obat tersebut saya tidak akan mengalami menstruasi. saya mengalami itu sejak saya masih gadis. Saya sudah cek, kontrol hampir tiap bulan, tapi tetap aja saya harus mengkonsumsi obat2an dari dokter supaya saya mendapatkan menstruasi.Dan masalah yang lain posisi rahim saya sangat kecil dan jauh. saya mohon saran, apakah kesuburan saya bermasalah. setiap kontrol tidak ada penyakit atau apapun. Apakah saya bisa hamil dalam kondisi saya tersebut. Terima kasih.

    [Reply]

    MelindaCare Reply:

    Dear Fenny, untuk mendapatkan jawaban lebih jelas yuk gabung dengan forum dokter online di http://forum.melindahospital.com/ :)

    [Reply]

  8. Eva Says:

    Siang Melinda,,
    saya wanita umur 25 tahun, saya baru menikah 4 bulan yang lalu. setelah menikah saya ikut KB selama 2 bulan. semenjak itu haid saya jadi ga teratur, bulan Januaripun saya ga haid padahal sudah berhenti ikut KB. Apa hal tersebut mempengaruhi Kesuburan? Gimana caranya agar saya cepet hamil ?

    Makasih

    [Reply]

    MelindaCare Reply:

    Selamat siang Eva, haid menjadi tidak teratur setelah lepas KB merupakan hal normal. Disebabkan tubuh telah beradaptasi dengan baik dengan hormon yang dikonsumsi, sehingga jika distop tentu ada reaksi tubuh untuk mengatasi hal tersebut. Kondisi ini bisa berlangsung selama beberapa bulan dan selanjutnya teratur lagi. Jika setelah beberapa bulan hais tidak normal, sebaiknya langsung periksakan ke dokter kandungan. :)

    [Reply]

  9. giant Says:

    assalamualaikum wr wb
    salam sejahtera dan bahagia dari kami sekeluarga

    dear melinda hospital
    to the point yah..
    saya (giant) dan istri (dewi)sudah 10 tahun kami menikah,belum ada tanda2 kehamilan kami belum periksa ke dokter karena kami merasa belum ada tempat yg cocok dan kekhawatiran akan biaya yg terlalu mahal..yang ingin kami ketahui berapa besar biaya untuk konsultasi sampai uji laboratorium hingga mendapatkan hasil yg akurat untuk mengetahui penyebab medis ketidak suburan kami dan mohon petunjuk dimana kami harus memeriksakan diri untuk ini..klw ad solusi obat/vitamin apa yg harus kami konsumsi untuk penyubur sperma pria dan penyehat untuk kandungan istri serta saran lainnya? atas segala perhatian dan bantuanya kami mengucapkan banyak terima kasih.( mohon info nomor telephone yg bs kami hubungi )

    wassalamualaikum wr wb

    [Reply]

    MelindaCare Reply:

    Hallo, untuk ini bisa langsung hubungi 022-4222788. Senang bisa membantu :)

    [Reply]

  10. neno Says:

    pagi…saya mau tanya klo menstruasi jarang apa perlu periksa..
    Periksa yg paling baik dimana apa bisa bidan bs mendeteksi.saya wanita sudah menikah berumur 23 thun.
    Trms
    dtnggu jawban nya

    [Reply]

    MelindaCare Reply:

    Halo Neno, Anda bisa memeriksakannya ke dokter kandungan. Nanti di sana dokter akan memeriksa apakah ada masalah atau tidak. Harap segera diperiksa agar dapat diobati dengan cepat. :)

    [Reply]

  11. aviah Says:

    dear Melinda,
    saya mau tanya,saya sudah menikah dapat 3th.tapi sampai sekarang belum d karuniai seorang anak.sy sdh pernah usg.hanya d beri obat vit E dan vit Ctp,tp tdk ad hasilnya.suami sy orgnya gemuk ap krn kegemukan ya…mungkin ad solusi terbaik dr melinda. Terima Kasih ats perhatiannya.

    [Reply]

    MelindaCare Reply:

    Selamat sore Aviah, mungkin sudah saatnya Anda dan pasangan memeriksakan ke dokter atau ahli kesuburan. Untuk mengetahui penyebabnya. Ingat,s emakin cepat diperiksa akan semakin cepat bisa ditanganinya. :)

    [Reply]

  12. laura Says:

    dear. Melinda…

    saya berumur 23 tahun,,, rencana ingin menikah muda di tahun depan,,, calon saya berumur 29 tahun,,, yang ingin saya tanyakan, apakah perlu saya melakukan medical check up sblm saya menikah,,? untuk mengetahui ksuburan saya,,, karna calon saya ingin segera mendapatkan keturunan.. apa yg perlu saya lakukan untuk awalnya…? trims… :)

    [Reply]

    MelindaCare Reply:

    Hallo Laura, penting sekali untuk melakukan premarital check up. Selain mengetahui tingkat kesuburan juga mengetahui kemungkinan gangguan lainnya. Semakin dini Anda mengetahui masalah, maka semakin cepat mendapatkan solusi dan pengobatannya. Langkah awal, Anda bisa mendatangi rumah sakita tau laboratorium kesehatan untuk melakukan peramrital check up dan konsultasikan hasilnya dnegan dokter ahli. ;)

    [Reply]

  13. Vien Says:

    Dear Melinda,

    Usia saya 31 tahun, telah mempunyai anak 1 laki-laki, saya sedang program untuk punya anak kembali.
    Sudah 1 tahun ini saya lepas kb (dulu kb pil diane).
    Lepas dari kb ini, durasi haid saya tidak teratur, max paling lama 4 hari.
    Rata-rata bisa lebih dari 45 hari, baru haid kembali.
    Mengenai masalah ini, baiknya apa yang harus saya lakukan?
    Setahun yang lalu saya pernah konsul ke DSOG, hanya kurang memuaskan menurut saya.
    Mohon masukkan untuk case saya ini.

    Trims
    Vienta

    [Reply]

    MelindaCare Reply:

    Selamat siang, untuk dapatkan jawaban memuaskan silakan bergabung dengan forum dokter online persembahan Melinda hospital di http://forum.melindahospital.com/ :)

    [Reply]

  14. all enddiey Says:

    ASSKUM saya minta tolong carikan nama islami buat anak pertama saya lahir kira2 bulan maret cew…tolong satu kata ada berkaitan dengan nama saya endy supriyono..ibu parlina yuanawati

    [Reply]

    MelindaCare Reply:

    Walaikumsallam, untuk pertanyaan ide nama bayi silakan bergabung dengan forum tanya jawab ide nama bayi di http://melindahospital.com/modul/user/baby_name.php :)

    [Reply]

  15. muliyani Says:

    dear melinda,
    aq seorang ibu yang telah menikah kurang lebih 2 tahun,aq pernah keguguran satu kali,tapi setelah itu ndak pernah lagi telat bulan trus pernah konsultasi ke dokter kandungan.setelah pemeriksaan aq menderita pelebaran mulut rahim.

    [Reply]

    MelindaCare Reply:

    Sore Moms, bisa langsung konsultasi di forum dokter online di http://forum.melindahospital.com/ untuk pertanyaan seputar kesehatan :)

    [Reply]

Leave a Reply

Product
Corpoderma Melinda Hospital
 
Wedding Belle Blog
Search
Archives
Tag Keywords